RSS

Sosialisasi Ke-1 Program PVB Kalsel

26 Mar

Sosialisasi
Program APK Pendidikan Vokasi Berkelanjutan
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
26 Maret 2011

Acara sosialisasi Pendidikan Vokasi Berkelanjutan (PVB) Kalimantan Selatan diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Maret 2011 yang dihadiri oleh SEAMOLEC, Dinas Pendidikan Propinsi Kalsel, Dinas Kabupaten Kalsel, SMK dan SMA Propinsi Kalsel. Sosialisasi ini dipimpin oleh SEAMOLEC, Dewi Sopiah (Manajer IT Konten) dan Muhammad Andriansyah (Wakil Manajer IT Konten) dan Diknas Propinsi, Mardani.

Sesuai PP 17 tahun 2010 tentang Pendidikan Jarak Jauh Pasal 118 s.d 126 maupun berdasarkan surat arahan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dengan No. 880/D/T/2010 tanggal 29 Juli 2010 tentang pemberitahuan program PVB dan untuk menindaklanjuti hasil sosialisasi yang telah dilakukan di 13 Propinsi, yang menghasilkan penandatanganan MoU anatara 21 perguruan tinggi dengan 187 SMK dan 5 P4TK tentang program pendidikan vokasi berkelanjutan, maka sosialisasi ini juga perlu dilaksanakan untuk memperkenalkan program PVB di seluruh Propinsi Republik Indonesia, khususnya Propinsi Banjarmasin,  Kalimantan Selatan.

Acara ini ditujukan untuk:

  • Sosialisasi pertama di propinsi Kalimantan Selatan mengenai program pendidikan vokasi berkelanjutan tahap (batch) ke-2.
  • Menyusun rencana bersama (SEAMOLEC, Perguruan tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan, Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten) untuk acara sosialisasi program pendidikan vokasi berkelanjutan.

Pada saat sosialisasi, Dewi Sopiah mengawali dengan memberikan pengarahan singkat tentang program SEAMOLEC dan PVB, dilanjutkan oleh Muhammad Andriansyah menjelaskan program PVB dan teknis apa yang harus disiapkan oleh kampus utama dan sub kampus beserta persyaratan-persyaratannya untuk berpartisipasi dalam program PVB tersebut. Agenda sosialisasi sebagai berikut.

Waktu Kegiatan Pembicara
08.00 – 08.30 Perkenalan program SEAMOLEC Dewi Sopiah
08.30 – 10.00 Penjelasan Pendidikan Vokasi Berkelanjutan Muhammad Andriansyah
10.00 – 10.30 Q & A – Diskusi, Rencana Sosialiasi Lanjutan Dewi Sopiah & Muhammad Andriansyah

Program PVB wilayah Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat, dimana diharapkan pada bulan September 2011 dapat dilaksanakan seleksi masuk program PVB.

Kalsel MapPada sesi tanya jawab, pertanyaan berasal dari calon sub kampus (SMK) dimana mereka mempertanyakan legalitas dari program ini serta komitmen dari Diknas. Beberapa peserta mempertanyakan distribusi pembiayaan dan mengusulkan agar pola pembagiannya dapat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Peserta sosialisasi dari SMA juga menginginkan untuk ikut serta dalam program PVB dan disarankan untuk turut mendaftar sebagai calon sub kampus. Berikut ini rangkuman pembahasan saat sosialisasi.

  1. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin dihadiri oleh Prof Dr Hadin Muhjad, bersedia menjadi Kampus Utama dalam program ini.
  2. Politeknik Negeri Banjarmasin, diasumsikan tidak menghendaki menjadi Kampus Utama.
  3. Dihadiri oleh 11 SMK perwakilan di propinsi Kalimantan Selatan, SMA, Dinas Propinsi dan Kabupaten.

Diskusi:

  • SMA tertarik untuk menjadi Sub Kampus dan diperkenankan untuk mendaftar menjadi sub kampus PVB.
  • Pada dasarnya SMK yang menghadiri sosialisasi siap untuk menjadi Sub Kampus dan bersinergi dengan Universitas Lambung Mangkurat.
  • Politeknik Negeri Banjarmasi merasa keberatan dengan sistem biaya yang ditawarkan, dikarenakan pendidikan yang berbasis skills/praktek membutuhkan peralatan perlengkapan yang membutuhkan biaya tidak sedikit.
  • Univ. Lambung Mangkurat memiliki 10 Fakultas dan 54 Program Studi.
  • SMKN 3 Banjarbaru, tertarik membuka PVB program TIK/RPL hanya saja status guru-guru yang tersedia masih tenaga honorer.
  • Target mahasiswa adalah kuadran ke-4, non-profit oriented, sinergi antar instansi.
  • Status mahasiswa adalah D1 dengan ijasah keluaran Universitas Negeri.
  • Politeknik Swasta tidak diperkenankan mengikuti program ini.
  • Ada kemungkinan untuk mengajukan fasilitas ke Dinas Propinsi atau PSMK apabila terdapat kekurangan fasilitas antara SMK dengan Universitas atau meminjam melalui DUDI terkait.
  • Rencana sosialisasi lanjutan antara SEAMOLEC, Diknas Propinsi, Univeristas dan SMK akan dilaksanakan pada tanggal 28 April 2011.

Acara sosialisasi ditutup oleh Dewi Sopiah, yang mana diharapkan setelah sosialisasi ini peserta dapat menindaklanjuti dan mensosialisasikan program PVB di sekolahnya masing-masing.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on March 26, 2011 in PVB Kalsel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: