RSS

About PVB

PVB Lambung Mangkurat

Latar Belakang

Pendidikan adalah masalah kita bersama sebagai rakyat Indonesia. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama, bergotongroyong, bersatu untuk memajukan pendidikan indonesia, agar masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan dapat bersaing dengan masyarakat dunia serta mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Untuk itu, Kementerian Pendidikan Indonesia dalam hal ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Akademik menyelenggarakan program nasional yang disebut dengan Program Vokasi Berkelanjutan di berbagai bidang, dalam, rangka peningkatan APK Perguruan Tinggi dan mengurangi pengangguran.

Program ini sebagai tindak lanjut dari PP 17 tahun 2010 Tentang Pendidikan Jarak Jauh Pasal 118 s/d 126 maupun berdasarkan Surat arahan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dengan No. 880/D/T/2010 tanggal 29 Juli 2010 tentang pemberitahuan program vokasi berkelanjutan.

Program tersebut didukung oleh berbagai pihak yaitu, PSMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan SEAMOLEC. PSMK mendukung program ini dengan memperkuat fasilitas SMK sesuai dengan bidangnya, DIKTI mendukung dalam hal legalitas dan SEAMOLEC mendukung dalam hal TOT untuk manajemen pendidikan jarak jauh, dosen maupun guru. Selain itu, dukungan Propinsi dan Kota/Kabupaten sangat diharapkan terutama dalam hal dukungan infrastruktur, beasiswa, subsidi operasional dan hal lain yang diperlukan

Program vokasi berkelanjutan dirancang untuk program D1 untuk lulusan SMA, SMK dan MA. Setelah menyelesaikan program D1, mereka dapat memutuskan apakah akan bergabung dengan angkatan kerja atau melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan program ini, Indonesia lebih memiliki kesempatan lebih baik untuk mengakses pendidikan tinggi.

Tujuan

a.    Peningkatan APK Perguruan tinggi
b.    Pengurangan pengangguran
c.    peningkatan devisa utk tenaga kerja terdidik
d.    Asas pemanfaatan dan sinergi infrastruktur

Dasar Hukum PVB

– Peraturan Pemerintah (PP) No. 17 Tahun 2010

  1. PP No.17 Tahun 2010 Bab. VI pasal 118 sampai dengan pasal 126 mengenai pendidikan jarak jauh.
  2. PP No. 17 Tahun 2010 Bab. I Pasal I, Politeknik sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.
  3. PP No.17 Tahun 2010 Bab. I Pasal I, SMK sebagai lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah atas.

Model Pendidikan Vokasi Berkelanjutan

Skema PVB

Program PVB akan diselenggarakan oleh 1 Kampus Utama dengan 3 s.d 35 Sub Kampus (SMK) yang berbasis industri dan produksi. Peserta didik menyelenggarakan pendidikan/perkuliahan di Sub Kampus (SMK) selama 1 tahun dan akan mendapatkan Ijasah D1 dari Kampus Utama. Program PVB, SMK 3 + 1 = D1. Peserta Didik tidak dibatasi umur dengan pendidikan akhir minimal lulusan SMA/SMK/MA.

Lihat Daftar Kampus Utama

Lihat Daftar Sub Kampus

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: